| Administrator

Card Image

Span Gas adalah sebuah tabung gas / gas cylinder yang berisikan beberapa jenis gas dengan konsentrasi tertentu. Sebagai contoh span gas dengan konsentrasi 4 jenis gas yang umum digunakan untuk bump test maupun kalibrasi multi gas detektor dengan komposisi sebagai berikut:

  • H2S konsentrasi 25 ppm
  • CO konsentrasi 100 ppm
  • CH4 konsentrasi 2.5 %vol.
  • O2 konsentrasi 18 %vol.
  • N2 konsentrasi balance

Untuk yang masih awam dengan istilah bump test, kami akan jelaskan bump test / function test adalah sebuah perlakuan pengetesan peralatan gas detektor dengan menggunakan span gas, bertujuan untuk memastikan sensor, pembacaan dan alarm pada gas detektor berfungsi dengan baik sebelum digunakan. Rekomendasi pabrikan adalah untuk melakukan bump test setiap alat akan digunakan oleh pengguna.

Untuk melakukan bump test, cukup gunakan span gas dengan regulator terpasang, kemudian buka regulator dan alirkan gas menuju detektor. ketika sensor mengalami paparan gas seperti H2S, CO, CH4, O2 maka gas detektor akan mengalami alarm. Apabila perlakuan bump test ini berhasil membunyikan alarm pada gas detektor, maka kegiatan bump test ini dianggap berhasil dan dicatat hasilnya untuk pelaporan.

Apa yang harus dilakukan apabila perlakuan bump test ini gagal? Dalam beberapa kasus melakukan kalibrasi dan adjustment gas detektor dapat mengembalikan pembacaan detektor sesuai dengan spesifikasinya, sehingga ketika kita mengulang perlakuan bump test, hasilnya bisa jadi lolos / berhasil. Namun tidak jarang juga bahwa usia sensor yang sudah melewati masa hidupnya (life time) tidak memungkinkan gas detektor untuk merespon dengan baik, sehingga kegiatan kelibrasi maupun bump test akan selalu gagal. Dalam kasus ini sebaiknya dilakukan perbaikan oleh teknisi yang sudah berpengalaman agar dapat dilakukan pemeriksaan / penggantian spare part apabila diperlukan.

PT Guardian Teknologi Nusantara melayani penjualan tabung span gas mixed gas sesuai dengan konsentrasi yang umumnya digunakan oleh pabrikan gas detektor. Kami juga melayani jasa kalibrasi, pemasangan dan perbaikan gas detektor. Silakan hubungi kami di email sales@guardianteknologi.com atau telepon kami di 021-59666673

Guardian Teknologi Nusantara

Guardian Nusantara Teknologi

Kantor Utama

Ruko Little Ginza R02/500 Citra Raya
Tangerang Kabupaten Tangerang,
Banten 15710
(021)59666673
sales@guardianteknologi.com